Cruyff: Pemain Bintang Belanda Mengecewakan

Rabu, 20 Juni 2012

Johan Cruyff sudah menemukan penyebab kegagalan Belanda di Euro 2012. Menurut Cruyff, para pemain bintang De Oranje telah gagal mengeluarkan kemampuan terbaik mereka di turnamen akbar Eropa itu.

"Kegagalan Belanda karena kecerobohan mereka dalam membangun permainan serta eksekusi yang buruk," tulis pemain legendaris Belanda itu di kolom De Telegraaf. "Terlalu banyak pemain yang tidak mampu memberikan kontribusi di Euro 2012, terutama tentang para pemain bintang."

Para pemain bintang di lini tengah menjadi sorotan utama Cruyff. Menurut Cruyff, Nigel de Jong, Mark van Bommel, dan Wesley Sneijder tidak mampu memainkan tugas dengan baik. Mereka terlalu turun ke pertahanan ketika kehilangan bola, sehingga kesulitan dalam membangun permainan.

"Bila kesalahan seperti ini terjadi di lini tengah, maka akan membuat pemain lainnya turut menderita," tutur mantan pemain Ajax Amsterdam dan Barcelona ini. "Ini merugikan tim karena mereka membangun permainan yang semestinya tidak dilakukan saat lawan mulai menekan."

Belanda tersingkir dari pergelaran Euro 2012 dengan hasil mengecewakan. Dari tiga pertandingan di Grup B, Belanda tidak mampu meraih satu poin. Mereka takluk 0-1 dari Denmark, lalu dipukul Jerman 1-2, dan dipecundangi Portugal 1-2. Padahal sepanjang kualifikasi, mereka tidak pernah menelan kekalahan.

0 komentar:

Posting Komentar